1. Apa itu manajemen?
Manajemen, menurut Brantas adalah suatu proses atau kerangka kerja yang
melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang ke arah tujuan-tujuan
organisasional atau maksud-maksud yang nyata. Adapun menurut Mas’ud Khasan,
manajemen ialah ketatalaksanaan proses untuk penggunaan sumber daya secara
efektif dalam mencapai sasaran tertentu.
Istilah manajemen, berasal dari bahasa Perancis kuno, menagement ,yang artinya seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen
belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Ricky W.
Griffin mendefinisikanmanajemen sebagai sebuah proses perencanaan,
pengorganisasian, pengoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai
sasaran secara efektif dan efisien.
2. Sebutkan jenis manajemen?
a.
Manajemen
Sumber Daya Manusia
Manajemen sumberdaya manusia adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya
untuk memperoleh sumber daya manusia yang terbaik bagi bisnis yang kita
jalankan dan bagaimana sumber daya manusia yang terbaik tersebut dapat
dipelihara dan tetap bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang
senantiasa konstan ataupun bertambah
b. Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah kegiatan manajemen
berdasarkan fungsinya yang pada
intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan
oleh konsumen, dana bagaimana cara pemenuhannya dapat
c. Manajemen
Produksi
Manajemen Produksi adalah penerapan manajemen
berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang
ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang
seefisien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produk akhir yang
dihasilkan dalam proses produksi
d.
Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan adalah kegiatan manajemen
berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa
kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu
diukur berdasarkan profit. Tugas manajemen keuangan diantaranya merencanakan
dari mana pembiayaan bisnis diperoleh, dan dengan cara bagaimana modal yang
telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang dijalankan
e.
Manajemen
Informasi
Manajemen Informasi adalah kegiatan manajemen
berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang
dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang. Untuk
memastikan itu manajemen informasi bertugas untuk menyediakan seluruh informasi
yang terkait dengan kegiatan perusahaan baik informasi internal maupun
eksternal, yang dapat mendorong kegiatan bisnis yang dijalankan tetap mampu
beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat
3.
Apa itu kepemimpinan?
Kepemimpinan adalah pengaruh antarpribadi dalam situasi tertentu dan
langsung melalui proses komunikasi untuk mencapai satu atau beberapa tujuan
tertentu sebagai proses mempengaruhi sekelompok orang hingga mau bekerja dengan
sungguh-sungguh untuk meraih tujuan kelompoknya. Sebab pada dasarnya,
kepemimpinan merupakan pola hubungan antara individu-individu yang menggunakan
wewenang serta pengaruhnya terhadap orang bekerja bersama mencapai tujuan
(Fiedler, 1967).
Kepemimpinan adalah kemampuan seni atau teknik untuk membuat sebuah
kelompok atau orang mengikuti dan menaati segala keinginannya untuk mengajak
orang lain mencapai tujuan yang sudah ditentukan dengan penuh semangat.
4.
Apa itu perencanaan?
Perencanaa
adalah proses dasar dimana manajemen memutuskan tujuan dan cara mencapainya.
Perencanaan dalam organisasi adalah esensial, karena dalam kenyataaannya
perencanaan memegang peranan lebih dibandingjkan fungsi2 lainnya. Perencanaan
itu diibaratkan seperti akar tunggang dari sebuah pohon rindang yang akan
tumbuh batang2 yaitu pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan, atau
perencanaan itu diibaratkan seperti lokomotif yang menghela kereta api.
Perencanaan
adalah proses menentukan bagaimana organisasi bisa mencapai tujuannya.
Perencanaan adalah proses menentukan dengan tepat apa yang akan dilakukan
organisasi untuk mencapi tujuannya. Dalam istilah resmi, perencanaan
dideinisikan sebagai perkembangan sistematis dari program tindakan yang
ditunjukan pada pencapaian tujuan bisnis yang telah disepakati dengan proses
analisa, evaluasi, seleksi diantara kesempatan-kesempatan yang di prediksi
terlebih dahulu.
5.
Manfaat perencanaan?
a.
Membantu manajemen untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan
b.
Membantu penempatan tanggung jawab lebih tepat
c.
Memudahan koordinasi di antara berbagai bagian organisasi
d.
Membuat tujuan lebih khusus, terperinci dan mudah dipahami
e.
Menghemat waktu, dan usaha
6. Jenis perencanaan dalam organisasi ?
a. Perencanaan strategis adalah perencanaan
jangka panjang yang dipusatkan pada organisasi secara menyeluruh. Wirausahawan
memandang organisasi sebagai osuatu unit total dan memutuskan apa yang hendak
dilakukannya dalam jangka panjang untuk mencapai tujuan organisasinya.
b.
Perencanaan taktis adalah
perencanaan jangka pendek yang menekankan pada operasi berbagai bagian
organisasi yang sedang berjalan. Wirausahawan menggunakan sistem rencana
ini untuk menguraikan apa yang harus dilakukan oleh berbagai bagian organisasi
untuk mencapai keberhasilan dalam kurun waktu satu tahun atau kurang dari satu
tahun.
Sumber :
Dr. H. Endin Nasrudin,
M.Si., 2010, Psikologi Manajemen, CV.
Pustaka Setia, Bandung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar