Rabu, 09 Oktober 2013

Tips Menghemat Pengeluaran (manajemen keuangan pribadi)


 
1.                 Hematlah uang tanpa mengubah gaya hidup kita
Untuk bisa mengurangi pengeluaran kita yang tidak terkontrol, kita perlu melakukan pengelolaan keuangan secara positif, baik itu untuk kebutuhan atau keinginan pribadi. "Bijaklah dalam menyimpan uang, dan luangkan waktu untuk bersenang-senang.

 
2.      Susun anggaran pengeluaran
         Sebelum mengambil tindakan, duduk dulu sebentar dan cari tahu apa yang harus Anda lakukan   untuk membuat anggaran, kemudian prioritaskan pengeluaran Anda. Sehingga tidak ada pengeluaran yang tidak diperlukan.
 


3.       Pintar-pintarlah dalam membuat daftar belanjaan
Menempel daftar belanjaan akan membuat Anda cenderung untuk membeli barang-barang sesuka hati dan melupakan item yang justru diperlukan, yang keduanya dapat dengan cepat menghabiskan uang Anda dalam seminggu


4.                   Bawa bekal makan siang
Meskipun mungkin ini bukan pilihan yang menarik, namun membawa bekal makan siang dapat menghemat pengeluaran Anda daripada harus mengeluarkan uang setiap hari. Untuk menambah variasi, coba ajaklah rekan Anda untuk sama-sama melakukan hal yang sama. Misalkan, untuk hari ini siapa yang bertugas membawa bekal makan siang, yang nantinya bisa dimakan bersama-sama untuk semua, hari berikutnya bergantian.

 

 5.       Menabunglah jika ingin membeli sesuatu
Jika terdapat  benda yang Anda inginkan , lebih baik mencoba dengan menabung, walaupun uang anda mencukupi membelinya. Menabung dapat mengkontrol pengeluaran keuangan Anda.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar