Dalam Dunia
bisnis laksana magnet yang menarik khalayak untuk melirik dan mengenalinya
lebih jauh. Bisnis merupakan suatu aktivitas yang menawarkan jasa ataumenjual barang
kepada konsumen, dengan perolehan laba. Laba, di sanalah kita menaruh harapan
guna penghasilan yang lebih baik.
Yang harus
kita pahami bahwa Bisnis tak hanya berbicara untung-rugi, kreativitas pikir dan
memanfaatkan peluang merupakan faktor penentu keberhasilan langkah Anda.
Idealnya, aktivitas bisnis haruslah mendatangkan keuntungan. Usaha, waktu, dan
hasil berpikir Anda layak dihargai dgn kepuasan laba yang didapat.
Sebuah
bisnis tak bisa lepas dari sebuah manajemen, dan Manajemen yang diterapkan pun
akan mempengaruhi laju bisnis yang tengah ditapaki. Dengan sebuah manajemen,
bisnis akan lebih efektif dan efisien. Seperti manajemen pemasaran,
keuangan, sumber daya manusia, operasi, strategi, intelejen bisnis, teknologi
informasi serta manajemen produksi. Dalam pengklasifikasiannya, anda dapat
menyelami bisnis dengan berbagai aktivitasnya.
Manajemen pemasaran
Manajemen
pemasaran adalah bidang manajemen yang melakukan kegiatan analisis,
perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian atas program yang dirancang
untuk menciptakan, membentuk dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan
dgn menguntungkan pembeli sebagai sasaranuntuk mencapai tujuan perusahaan.
Konsep manajemen pemasaran ada dua yakni :
1.
Konsep manajemen pemasaran (the marketing concept). Merupakan orientasi
bahwa tugas pokok perusahaan adalah menentukan kebutuhan,keinginandan penilaian
pasar yang menjadi sasaran kemudian menyesuaikan sedemikian rupa
kegiatan perusahaan agar dapat menyampaikan kepuasan yang diinginkan pasar
secara lebih berdaya gunaserta berhasil guna dibandingkan pesaingnya. Dalam
konsep pemasaran,volume penjualan yang menguntungkan memang menjadi tujuannya.
Akan tetapi laba yang diperoleh dari volume penjualan itu harus didapat
dengan mendapat juga kepuasan dari konsumen.
2.
Konsep penjualan ( the selling concept)Mementingkan saja volume
penjualan dan keuntungan tanpa pernah berpikir tentang kepuasan dari para
konsumennya.
Berikut Ruang Lingkup Kegiatan Manajemen Pemasaran Meliputi :
1) Pembelian
(buying).
2) Pemilihan
(grading).
3)
Pengangkutan (transportation).
4)
Pembungkusan (packing)
5)
Penggudangan (storage)
6)
Pembelanjaan ( financing).
7)
Periklanan (advertising).
8) Penjualan
(Selling).
sumber :
http://ayuvianti.blogspot.com/2013/01/tugas-3-softskill-etika-bisnis-artikel.html
sumber :
http://ayuvianti.blogspot.com/2013/01/tugas-3-softskill-etika-bisnis-artikel.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar